7 Hal yang Dikerjakan Dosen selain MENGAJAR

Ery1wDPowZ
https://img.okeinfo.net/content/2014/09/13/373/1038619/Ery1wDPowZ.jpg

Kebanyakan orang berpikir bahwa seorang dosen itu tugasnya hanya mengajar atau memberikan materi di dalam kelas, namun sebenarnya dosen juga memiliki beban kerja lain selain mengajar. Berikut 7 hal yang umumnya dikerjakan dosen selain mengajar:

  1. Menyiapkan Rencana Pembelajaran Semester

Ketika saya masih menjadi mahasiswa, saya berpikir bahwa dosen hanya menyiapkan materi presentasi menggunakan Ms.Power Point. Namun ternyata lebih dari itu, seorang dosen ketika mengampu suatu mata kuliah, dosen diwajibkan untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester atau biasa disebut RPS. Di dalam RPS akan tertera secara jelas kompetensi apa saja yang harus dicapai mahasiswa untuk mata kuliah tersebut. Selain kompetensi, di dalam RPS juga terdapat informasi mengenai daftar acuan yang digunakan (buku, jurnal, atau sumber lainnya), topik pembelajaran, peta capaian mata kuliah, metode pembelajaran, durasi waktu, sampai bobot penilaian. Jadi kalau kita sedang jalan-jalan, RPS itu diibaratkan ittenary perjalanan.

  1. Memeriksa Tugas Mahasiswa

Tugas lainnya tak kalah penting adalah memeriksa tugas mahasiswa. Untuk tugas yang satu ini, banyak atau sedikitnya tergantung pada masing-masing dosen. Biasanya dosen akan menyesuaikan dengan rubrik penilaian yang telah di buat sebelumnya. Kadang ni ya, mahasiswa berpikir dosen senang kalau memberikan tugas pada mahasiswa, padahal sebenarnya memberikan tugas pada mahasiswa itu sama saja menambah pekerjaan dosen.

  1. Menyiapkan Soal Ujian dan Memeriksa Hasil Ujian

Ujian dilakukan untuk mengevaluasi apakah capaian yang dibebankan pada mata kuliah sudah tercapai apa belum. Sebagai seorang dosen, menyiapkan soal ujian tidak bisa dilakukan serta merta, karena soal ujian yang dibuat harus disesuaikan dengan capaian-capaian yang ingin dicapai pada mata kuliah. Hal ini berarti sewaktu akan membuat soal ujian, dosen harus membuka kembali RPS yang telah dibuat, agar soal yang dibuat benar-benar dapat mengevaluasi capaian yang diinginkan.

  1. Menjadi Pembimbing Akademik

Pembimbing Akademik dapat diibaratkan sebagai Wali Kelas ketika kita bersekolah dulu. Pembimbing akademik ditugaskan untuk membimbing mahasiswa selama proses perkuliahan. Biasanya akan dijadwalkan waktu untuk bimbingan akademik. PAda saat bimbingan mahasiswa diperkenankan untuk berdiskusi atau bertukar pendapat tentang akademik selama perkuliahan, bahasa gaul nya adalah curhat.

  1. Menjadi Pembimbing Skripsi

Setiap kampus memiliki kriteria agar seorang dosen bisa menjadi pembimbing tugas akhir atau skripsi. Nah apabila dosen yang bersangkutan sudah memenuhi kriteria, maka dosen tersebut akan diberi tugas untuk membimbing mahasiswa yang sedang tugas akhir. Membimbing mahasiswa yang sedang tugas akhir, berarti secara tidak langsung ikut juga dalam penelitian mahasiswa tersebut. Sedikit banyak, pembimbing skripsi juga memberikan masukan, arahan, dan motivasi agar mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Biasanya mahasiswa akan mengingat pembimbing skripsi nya meski sudah lulus. apalagi dosen pengujinya. hahahahah

  1. Melakukan Penelitian

    laptop-2557615_960_720
    https://pixabay.com/id/laptop-mac-komputer-browser-2557615/

Pekerjaan dosen yang satu ini jarang diketahui oleh mahasiswa, padahal penelitian merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan TInggi yang harus dan bahkan wajib dikerjakan oleh dosen. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk mengasah kedalaman ilmu seorang dosen. Penelitian yang dilakukan dosen ini diharapkan juga dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Setelah penelitian selesai dilaksanakan maka seorang dosen diwajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya ke dalam berbagai bentuk seperti seminar Ilmiah maupun jurnal ilmiah.

  1. Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat

Tri Dharma Perguruan TInggi yang ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Dosen juga punya kewajiban untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat. Pengabdian ini dapat dikemas dalam berbagai bentuk seperti sosialisasi, pelatihan, dan juga pembinaan. Pengabdian dosen dilakukan sesuai dengan bidang ilmu nya.

Ternyata dosen tidak hanya mengajar di kelas kan? Banyak hal lain yang harus dikerjakan oleh seorang dosen. Hal-hal tersebut di atas masih hal-hal yang bersifat teknis, belum yang tidak terlihat seperti tanggung jawab moral untuk mendidik mahasiswa, dan jalan-jalan (ini khusus buat saya) πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€Β 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s