Tips Menemukan Ide untuk Membuat Tulisan bagi Pemula

What-is-your-big-idea
sumber: https://assets.entrepreneur.com/content/3×2/1300/great-idea.jpg

Salah satu penghambat menulis adalah Ide. Ide ini ibarat hantu/momok terutama untuk seseorang yang baru belajar konsisten menulis seperti saya. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah tips untuk menemukan ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah tulisan:

  1. Membaca

Kegiatan menulis sudah pasti tidak bisa lepas dari membaca. Membaca dapat menambah referensi kita dalam menulis. Terkadang ide tiba-tiba muncul ketika kita membaca. Lalu apa yang dibaca? Sederhana saja, baca apapun yang bisa dibaca, mulai dari buku, majalah, koran, bahkan status mantan eh maksudnya status-status di media sosial. Kadang-kadang melihat tulisan orang lain, membuat kita punya ide untuk menulis.

Reading
sumber: http://tulisbaca.com/wp-content/uploads/2013/10/Reading.jpg
  1. Melihat Galeri Foto

Tips yang kedua adalah melihat kembali galeri foto. Galeri foto bisa saja yang berbentuk fisik, atau pun foto di Laptop atau gadget. Salah satu tujuan orang mengabadikan moment dengan foto adalah untuk menciptakan kenangan. Bisa ajah kan dengan melihat salah satu foto, lalu kita teringat akan suatu kejadian dan menuliskannya. Ayo dilihat-lihat kembali foto-fotonya.

  1. Jalan-Jalan

Tentang Jalan-jalan ini, sudah pasti akan banyak cerita yang bisa diceritakan. Karena pengalaman selama jalan-jalan akan mudah untuk diceritakan kembali. Tapi, pasti ada yang berpikir, kalau mau menulis harus jalan-jalan, berapa budget yang harus dikeluarkan? Tenang, jalan-jalan tidak harus melulu tentang travelling kok. Berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain juga bisa disebut jalan/berjalan. Atau ke mall, ke warung, bahkan Cuma berpindah ruangan pun bisa di sebut jalan-jalan. Intinya berpindah posisi sejenak dari tempat kita berada. Tujuan nya sederhana, dengan berpindah, kita bisa mengamati sekeliling dan ya mungkin saja ide akan muncul.

a1
sumber: http://mediaindonesia.com/files/news/2016/01/a1.jpg
  1. Berdiskusi dengan Teman

Ini adalah tips yang sering saya gunakan ketika saya sedan buntu ide. Sahabat saya, Isnia Nuruldita, merupakan orang yang paling sering saya gangguin ketika buntu ide. Beliau sangat membantu saya dalam hal menemukan ide dan tema tulisan. Salah satu alasan menemukan ide dengan berdiskusi dengan teman adalah terkadang teman kita melihat sisi cerita/ide yang tidak kita pikirkan. Terima kasih ya, Nia aka Blogger Ibukota.

  1. Membuka Kenangan Lama

Tips terakhir adalah membuka kenangan lama. Mungkin agak aneh terdengar, tapi saya pernah mencoba, ketika sedang kesulitan menemukan ide, saya coba mengenang kembali kejadian-kejadian dalam hidup saya. Bisa kejadian seputaran keluarga, lingkungan kerja, lingkungan sekitar, sampai urusan percintaan yang kadang membingungkan (Maaf curcol) Hahahahah. Kemudian, saya akan memilih kenangan mana yang paling-paling, entah itu paling lucu, paling sedih, paling aneh, dan paling-paling lainnya untuk dijadikan tulisan. Beberapa kali tips ini juga efektif, apalagi kalau dipadukan dengan tips no 2. Klop sudah.

 

Nah 5 tips tadi merupakan cara-cara saya untuk menemukan ide. Alhamdulillah, sudah menghasilkan tulisan-tulisan singkat di Instagram @steffi_adam sekalian promosi karena mengikuti tantangan 30 hari bercerita alias Ngeblog di Instagram. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada ide lain atau pengalaman-pengalaman seru lain silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima Kasih

Iklan

7 respons untuk ‘Tips Menemukan Ide untuk Membuat Tulisan bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s